印尼网友惊呼:比起美日,我更倾向于同中国合作
2015-04-27 21:43:30



印尼可不觉得自己是个小国家,人家还经常以东盟盟主自居呢。上次还嚷嚷着亚投行总部设他那儿呢,现在改口要副行长职位了。

一切都是为了利益,上位者只考虑这些。美国和英国当年杀得昏天暗地,现在好的穿一条裤子。目前来看,印尼在东盟里还算不错,多多合作,符合中国国家利益。

国开行,丝路基金后的AIIB是一招妙棋。

之前咱们开发贷款被打上土豪标签,甚至被希拉里扣上“新殖民主义”的帽子。在西方煽风点火和各国反对党借机炒作的背景下,最终受损的是咱们企业实实在在的利益和项目。AIIB以国际机构的面貌出现,邀请各目标受援国作为股东参与决策和项目开发,从根本上让西方和各国反对派的炒作丧失了合法性和道德高地。另一方面,印度、印尼这样的地区大国加盟也消弭了她们对中国进入南亚和东南亚的危机感。印尼的确是很大的基建市场和商品市场
但是日本对印尼的影响很大,各各方面来说
印尼的领导人和民众是否能下定决心推进和中国的合作还要多观望

印尼网友:比起美日,我更倾向于同中国合作

ane mendukung kebijakan pemerintahan jokowi yang memilih kerjasama pembangungan infrastruktur dengan Cina dibanding Jepang, serta mendukung AIIB dengan mengkritik IMF, World Bank dan ADB.

我非常赞同佐科维(即印尼新总统)选择同中国进行基础设施开发的合作,而不是日本。并且我也很赞同他支持亚投行对IMF,世界银行及亚开行批评的行为。

Ada beberapa alasan kenapa ane lebih mendukung kerjasama dengan cina dibidang infrastruktur dibanding jepang.

以下是我的理由:

1. Cina sudah terbukti mampu membangun proyek Infrastruktur skala besar dalam waktu relatif singkat. Cina

1、中国拥有在短时间内进行大规模基础设施建设的能力。

2. Cina mampu membuat proyek infrastruktur dengan spek yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah, hal ini karena Proyek infrastruktur yang dibangun CIna umumnya dilakukan oleh Perusahaan milik negara, Berbeda dengan Jepang dimana proyek infrastrukturnya dibangun oleh swasta.
Kenapa ? karena Perusahaan Milik Negara yang dikelola secara profesional terbukti lebih efisien daripada Perusahaan milik swasta.
Ekonomi Makro Cina jauh lebih sehat dibanding Ekonomi Makro Jepang, kenapa ? karena karena hutang yang dimiliki oleh pemerintah Cina serta hutang yang dimiliki BUMN Cina jauh lebih kecil dibanding hutang yang dimiliki pemerintah Jepang serta perusahaan swasta jepang.
Hutang adalah beban , Hutang pemerintah Jepang yang besar membuat pemerintah jepang harus membebankan pajak yang besar kepada perusahaan swasta jepang yang tentu saja membuat biaya produksi perusahaan jepang semakin besar.
Hutang perusahaan swasta jepang yang besar membuat perusahaan jepang harus mengambil marjin yang lebih besar guna menutupi pengeluaran perusahaan, kedua hal tersebut membuat harga-harga barang buatan jepang kalah bersaing dibanding harga barang buatan korea atau pun cina.
Kenapa Hutang pemerintah jepang dan perusahaan swasta jepang begitu besar, hal ini tidak lain karena Jepang pernah mengalami krisis ekonomi dahsyat pada pertengahan 1980-an, yang diakibatkan oleh bubble property dan pasar saham, kehancuran harga property dan pasar saham membuat perusahaan-perusahaan jepang harus berhutang dalam jumlah besar agar bisa bertahan dan pemerintah jepang harus melakukan bail out kepada perusahaan-perusahaan besar agar ekonomi mereka tidak runtuh.

2、同日本相比,中国的基础设施项目价格更加便宜,但是规格却相同。因为这类工程大多由中国的国有企业进行建设,而日本则是由私营企业。为什么国有企业会有这样的优势呢?因为国有企业的专业管理效率比私营企业更高。中国的宏观经济比日本更健康,因为中国政府和中国国企的债务比日本政府和日本私企的债务少很多。
债务是一种负担,日本政府背负的大量债务将导致其向企业征收更多的税收,如此一来,自然使得日本企业的生产成本大幅增加。这些企业所背负的债务导致企业为了保证公司的运营,势必得提高利润率,从而另其产品的竞争力逊于韩国或中国制造的产品。
是什么导致了日本政府及企业背负了如此之多的债务呢?或许是80年代日本那场经济危机导致房地产和股票的泡沫破裂,使得日本企业欠下大量债务才得以生存,而日本政府为了保证经济不崩溃,也采取了救助措施。

3. Bunga Hutang yang lebih kecil, Pembangunan proyek infrastruktur tentu saja tidak lepas dari hutang luar negeri karena pemerintah tidak memiliki dana dalam jumlah besar untuk mendanai proyek infrastruktur dalam skala besar dalam waktu relatif singkat.

3、(中国的)债务利率更少。要在短时间内进行大规模基础设施建设所需要的资金太多,政府没有办法在如此短的时间内筹措出,所以必须向国外借贷,而相比于日本公司的利率,亚投行给出的利率更小,佐科维政府必然会选择亚投行。

FYI : Amerika dan Jepang ekonominya udah sakit, pemerintah amerika dan jepang udah nggak mungkin ngelunasin hutang-hutang mereka, jadi udah bener kalo pemerintahan jokowi ngejauhin negara sakit biar nggak tertular.

另:美日的疲软的经济使得他们无法还上背负的债务,相信佐科维不会愿意去感染这种疾病的。